Pemkab Bima Gelar Pelatihan Keperintisan Kejuangan Bagi Guru

Sunday 31 May 20150 comments

KM. Portal Himpas -- Pelatihan Keperintisan Kejuangan dan Kepahlawanan bagi Guru Se-Kabupaten Bima diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bima kerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi NTB atas dukungan Kementrian Sosial, Sabtu (30/5) di Aula SMKN 3 Kota Bima.

Ketua panitia Dra. Zulis Winarningsih mengungkapkan kegiatan yang menghadirkan 60  Guru SD, guru IPS dan PPKN  SLTA  ini mengacu pada SK  Menteri Sosial RI Nomor :22/HUK 1997  tentang pembinaan nilai kepahlawanan, Keperintisan dan Kepeloporan.

Selanjutnya Zulis mengatakan kegiatan pelaksanaan nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial melalui guru dimaksudkan agar dapat menyampaikan Pemahaman nilai-nilai kepahlawanan perintisan dan Kesetiakawanan sosial pada generasi muda dan anak didik. Sementara tujuannya ialah tertanamnya nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan sosia kepada masyarakat khususnya generasi muda dan anak didik.

Lebih lanjut Zulis mengatakan,  "lembaga pendidikan mempunyai peran yang strategis dan sangat relevan bagi masa depan suatu bangsa. Sebab, merah putihnya negeri ini yang mewarnai adalah generasi yang pada saat ini ada di jenjang pendidikan, Sekolah Dasar, SMP sampai SMA.

Peran guru sebagai media Transformasi khusus guru di bidang Studi PPKN dan Sejarah perlu untuk dibekali informasi mengenai nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan sosial dengan harapan adanya kesamaan informasi sebagai bahan pembelajaran bagi anak didik sehingga pesan atau nilai kepahlawanan dapat diteladani dan tercermin pada perilaku kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara". Jelasnya.
Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima H. Rusydi, MSi yang membuka kegiatan sosialisasi menjelaskan, "kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pelestarian nilai-nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial sehingga  diharapkan pergeseran norma di masyarakat yang terus terjadi tidak melunturkan nilai-nilai sejarah.

H. Rusydi menekankan pentingnya penanaman pelestarian nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial di masyarakat khususnya kepada generasi muda yang merupakan penerus bangsa melalui peran guru. "Dengan digelarnya kegiatan ini ke depannya diharapkan nilai-nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial tidak pernah luntur".  Oleh karena itu diperlukan peran serta secara menyeluruh dari kalangan guru agar bisa memberikan informasi tentang pentingnya nilai-nilai kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial, sehingga nantinya para generasi muda tetap dapat meneladani jiwa patriotisme para pahlawan sekaligus dapat mewujudkan cita-cita pembangunan nasional.


Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh 4 Narasumber diantaranya  : Kabid Pemberdayaan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Provinsi NTB H. Mahmud, M.Si, Kepala Dinas Sosial  Kabupaten Bima H. Rusydi, MSi, Ilmiawan Mubin dari Universitas Muhammadiyah Mataram dan Suniah, M.Sidari Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan Sosial Kemensos RI. (humas bimakab)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger