Desa Maria Utara Siap Raih Juara Lomba Desa

Sunday 17 May 20150 comments

KM. Portal Himpas -- Camat Wawo Drs. Syafrudin Daud dengan Bangga mempersembahkan karya warga desa Maria Utara untuk dinilai tim juri lomba desa tingkat Kabupaten Bima. Disamping kesiapan fisik dan kelengkapan data, masih banyak kelebihan lain yang diandalkan desa Maria Utara dalam ajang lomba desa tahun ini.        

"Desa Maria Utara siap dinilai sesuai dengan 10 indikator yang telah disiapkan," kata Syafrudin pada acara penyambutan tim juri lomba desa Kamis, (7/5) di halaman kantor desa.

Diakui Syafrudin, kesiapan desa Maria Utara untuk dinilai tidak terlepas dari partisipasi masyarakat yang telah terbiasa melaksanakan kegiatan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. "Dalam keseharian, warga di Wawo telah terbiasa melakukan gotong royong seperti pembangunan rumah warga, kebersihan lingkungan desa serta kegiatan gotong royong pengolahan pertanian dan lainnya," kata Syafrudin.

Kepala Desa Maria Utara Syamsudin di hadapan Ketua dan Anggota Tim Juri, Muspika Kecamatan memaparkan keberhasilan pendidikan di desa Maria Utara merupakan salah satu wujud gayung bersambutnya program pembangunan Kabupaten Bima dan semangat membangun masyarakat desa Maria Utara.

“Berbagai program pendidikan yang berhasil dilaksanakan di desa Maria Utara antara lain pengentasan buta huruf atas kerja sama dengan Pemprov NTB, Pemkab Bima dan dinas terkait. Disamping itu, di desa Maria Utara pada 2 tahun terakhir tidak terdapat angka putus sekolah untuk usia 7-15 tahun. Hal ini terwujud karena tingkat kesadaran yang tinggi dari masyarakat akan pentingnya pendidikan. "Kebijakan pemerintah baik di pusat maupun daerah yang memberikan bantuan operasional sekolah juga meringankan beban masyarakat Maria Utara di dalam pendidikan," jelas Syamsudin.

Dalam rangka mensukseskan program monumental di bidang keagamaan di Kabupaten Bima yaitu membumikan Al-quran, di desa Maria Utara telah didirikan  7 TPA unit yang kesemuanya secara aktif melakukan pembinaan dalam rangka pengentasan buta baca Al Quran.

Demikian juga pada bidang kesehatan masyarakat, Pembangunan di bidang ini dilaksanakan pemerintah berimplikasi positif dengan pembangunan dan peningkatan derajat kesehatan di desa Maria Utara. Hal ini ditandai dengan tidak adanya angka kematian bayi dan balita. Kondisi ini bisa terwujud berkat peran aktif petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, petugas kesehatan kecamatan Wawo dan kader-kader Posyandu.

Demikian pula dalam rangka penyediaan air bersih, sinergi antara pemerintah pusat dan daerah sehingga melalui program Weslic masyarakat desa Maria Utara bisa menikmati air bersih yang layak untuk standarisasi kesehatan. Dengan beberapa sumber mata air untuk masyarakat desa Maria Utara dapat terpenuhi. Terbukti dengan direalisasikan oleh pemerintah dngan biaya APBN sebesar 7,5 M untuk pembangunan PDAM Kecamatan Wawo.

Pada bidang ekonomi masyarakat, desa Maria Utara telah banyak mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Disamping usaha pertanian, masyarakat desa mencoba berbagai peluang usaha antara lain perkiosan, usaha rumah tangga, perbengkelan. Untuk menunjang usaha-usaha tersebut, masyarakat memperoleh bantuan modal dari pemerintah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sejak tahun 2007 mendapatkan suntikan modal dari pemerintah Kabupaten Bima.

Ketua Tim Juri Abdul Wahab, SH., M.Si menjelaskan Penilaian perlombaan desa sebagai upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong masyarakat di desa perlu dilakukan perlombaan desa, P2WKSS dan posyandu secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan. (humas)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger