Pemkab Bima Santuni Korban Bentrok Parado

Tuesday 10 March 20150 comments

KM. Portal Himpas, - Pemerintah Kabupaten Bima melalui Kepala Kesbanglinmas, Drs Zubair HAR MSi, menyampaikan santunan kepada korban meninggal dan korban luka bacok akibat bentrokan yang terjadi atara dua desa di kecamatan parado hari Selasa (24/2). Rombongan yang tiba sehari setalah kejadian disambut sejumlah warga kemudian menuju rumah duka.

Zubair mengatakan, santunan diberikan sebagai bentuk perhatian Bupati Bima dan Pemerintah Kabupaten Bima terhadap keluarga korban yang mengalami insiden bentrokan. Tujuannya, agar pihak keluarga bisa memanfaatkan dana tersebut untuk keperluan selama proses pemakaman dan pengobatan bagi korban luka.

Santunan yang diberikan Pemkab kepada keluarga korban yang meninggal sebesar Rp 5 juta. Sedangkan korban luka bacok, Munir diberi Rp 2,5 juta untuk biaya pengobatan. “Santunan jangan dilihat dari nilai dan jumlah tetapi inilah bentuk perhatian dan tanggung jawab pemerintah daerah,” ujarnya.

Dengan adanya peristiwa ini diharapkan keluarga korban diberikan ketabahan dan kesabaran untuk menghadapi cobaan dan agar kiranya dapat mengambil hikmah dari setiap peristiwan dan cobaan yang terjadi. "Intinya tidak ada lagi istilah balas dendam antara kedua belah pihak yang bertikai. Kita harus ikhlas menerima kenyataan ini. Dan tiada gunanya untuk melakukan balas dendam, mari kita selesaikan secara damai," papar Zubair.

Mantan Kadis Dikpora Kabupaten Bima ini meminta agar kasus tersebut dapat diselesaikan secara musyawarah dan damai kendati proses hukum tetap berlanjut. Sebab, kata dia, dendam tidak akan merubah keadaan kembali seperti semula. Justru akan semakin membuat suasana tidak kondusif dan menimbulkan masalah baru.

Pihaknya meminta seluruh elemen untuk berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan ini dengan kedewasaan bertindak. Seluruh stake holder juga diharapkan mampu menciptakan wilayah yang kondusif. "Kita harapkan agar masyarakat dan seluruh lapisan sama-sama berperan dalam menciptakan suasana kondusif. Aparat kepolisian dan pemerintah juga sudah kita koordinasikan agar segera berupaya meredam kinflik ini," pungkasnya. (*)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger