Warga Desa Wilamaci Sambut Antusias Program PRONA

Saturday 31 January 20150 comments

KM. Portal Himpas, - Penandatangan pengajuan Sertifikat Tanah, Proyek Operasi Nasional Agraria (PRONA) yang diprogramkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bima disambut baik oleh warga Desa Wilamaci, Kecamatan Monta. Pengisian blanko permohonan yang dilaksanakan di kantor desa setempat pada hari, Sabtu (31/1) antusias dihadiri oleh warga.

Kepala Desa Wilamaci, Arsyad, SH yang ditemui di kantor desa setempat mengatakan, dengan adanya program sertifikasi tanah pekarangan yang laksanakan oleh BPN Kabupaten Bima disambut baik oleh warga. Pasalnya, melalui program tersebut banyak keuntungan yang didapat oleh masyarakat selain prosesnya lebih mudah biaya yang dikeluarkan pun relatif lebih murah.

“Sementara  berdasarkan penetapan BPN Kabupaten Bima, sertifikat tanah PRONA tersebut akan dibuatkan untuk 200 bidang tanah pekarangan milik warga,” katanya

Dilanjutkannya, dengan adanya program sertifikat tanah prona dari BPN diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memiliki sertifikat tanah guna mendapatkan pertambahan nilai ekonomis dan untuk meminilisir terjadinya sengketa kepemilikan tanah. 

Meski pembuatan prona digratiskan namum masih ada beban biaya yang harus ditanggung oleh pemohon seperti biaya materai, pal dan biaya penggandaan berkas untuk pemohon. “Hal ini akan kita bicarakan dalam rapat bersama pemohon dan pemerintah desa,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Adnan Suaeb bagian tekhnis kewilayaan Desa Wilamaci mengatakan, masyarakat sangat antusias menyambut program tersebut, hingga hari  ini sudah sebanyak seratus lebih orang warga yang telah mengisi blanko pengajuan . “Setelah pengsian selesai, berkas akan diajukan ke Badan Pertanahan, kemudian luas lahan akan dipatok dan diukur setelah itu akan diterbitkan sertifikat seperti yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Adnan. (Son)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger