Kwaran Monta Gelar Kemah Akbar

Saturday 3 January 20150 comments

KM. Portal Himpas, - Pramuka tingkat siaga dan penggalang dari 11 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Monta mengikuti perkemahan akbar Kwartir Ranting (Kwaran) di Bumi perkemahan SMP Negeri 1 Monta. Upacara pembukaan yang dilaksankan pada hari, Minggu (28/12) itu, dihadiri oleh pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Bima, Kepala UPT Dikpora Kecamatan Monta dan juga dihadiri oleh Tim kesehatan dari Puskesmas Monta dr. Wahyuni dan jajarnnya.

Ketua Kwaran Kecamatan Monta, Dra Arfida Roswati, M.Pd yang ditemui usai upacara mengatakan, perkemahan ini akan dilasankan selama empat hari yaitu antara, tanggal 28 s/d 31 Desember 2014 dan dikuti oleh 210 orang peserta dari 11 sekolah tingkat SD dan SMP di Kecamatan Monta. Perkemahan akhir tahun yang diselenggarakan oleh Kwaran Kecamatan Monta ini bertujuan untuk menjalin persaudara antara Gugus Depan (Gudep) Pramuka se-Kecamtan Monta.

“Maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai posistif kepada peserta terutama nilai kemandirian, nilai disiplin dan nilai tanggung jawab lebih khusus kepada pramuka siaga dan penggalang,” katanya.

Dia juga menjelaskan, bahwa sediannya peserta yang di undang dalam perkemahan ini adalah seluruh sekolah tingkat SD dan SMP di Kecamatan Monta, namun sangat disayangkan masih banyak sekolah yang belum mengirim utusan.  Sementara peserta dari tingkat SMP hanya tiga sekolah saja yang hadir  yaitu SMP 1, SMP 2 dan SMP 3 Monta, sedangkan dari tingkat Sekolah Dasar yang hadir hanya utusan dari delapan sekolah.

Dengan kurangnya antusias pembina dan kepala sekolah mengikuti perkemahan ini, Arfidah mengaku telah menyampaikannya langusung kepada pengurus Kwarcab dan KUPT pada upacara pembuakaan. “Kurangnya antusias pembina dan kepala sekolah, telah kami sampaikan langsung kepada Pengurus Kwarcab dan KUPT Dikpora untuk menindaklajutinya,” katanya.

Dikatakannya, sementara yang menjadi alasan klasik beberapa kepala sekolah yang kami konfirmasi adalah minimnya keuangan sekolah yang semestinya masih dapat disiasati. “Sementara Motivasi dan antusias siswa untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dan bahkan ada beberapa sekolah yang membatalkan keberangkatan siswa karena alasan minimnya dana dan keungan sekolah,” tandasnya.


Untuk itu, sebagai ketua Kwaran ia berharap agar kepala sekolah sebagai Kamabigu dan guru pembina dapat memberikan ruang kepada siswa untuk mengikuti kegiatan kepramukan karena lewat kegiatan pramuka siswa dapat mengembangkan diri dan kepribadiannya sehingga memiliki sumber daya yang berkualitas. (Son)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger