Kadispora Sampaikan Tiga Peran Strategis Guru

Tuesday 20 January 20150 comments

KM. Portal Himpas, - Sejumlah guru BP/BK pada jajaran dianas pendidikan pemuda dan olahraga Kabupaten Bima menghadiri acara sosialisasi dan pembinaan di Paruga NaE, Talabiu Kecamatan Woha, Kamis (15/1). Acara ini juga dihadiri oleh kepala UPT Dikpora, Kepala sekolah dan Guru BP/BK se-Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima Tajudin, SH, M Si dalam arahannya mengatakan, seharusnya acara hari ini dihadiri oleh Bapak Bupati, namun karena Bupati saat ini sedang berada di Denpasar dan maskapai  penerbangan Garuda Indonesia  telah menvonis bahwa penerbangan hari ini dibatalkan. “Maka bupati Bima tidak dapat hadir dihadapan kita hari ini karena cuaca di Denpasar tidak memungkinkan untuk penerbangan,” katanya.

Dikatakannya, berbicara masalah guru tentu sangat kompleks karena peran guru sangat strategis, ketika kita melihat dari aspek tugas dan profesi ada tiga hal pokok yang mendasar yang dijadikan  sebagai sumber referensi bagi seorang guru.

“Pertama adalah mendidik, yang kedua adalah mengajar dan yang ketiga adalah melatih, tiga hal pokok ini yang harus dipahami dan harus mampu dijabarkan oleh seorang guru,” jelas Kadis.

Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut, pertama tugas Mendidik dalam hal ini peran guru lebih menekankan pada aspek pengembangan nilai-nilai hidup sehingga mampu mengarahkan siswanya menjadi manusia-manusia cerdas serta mempunyai fungsi kedepan.

Selanjutnya , peran guru yang kedua adalah Mengajar, lebih ditekankan kepada aspek pengembangan nilai-nilai Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi). Kita lihat pada perubahan aspek pengembangan nilai iptek siswa yang menjadi problem saat ini, salah satunya kita tersandung pada persoalan Kurikulum 2013 (K13) yang sudah  menjadi masalah Nasional.  Pada aspek ini pula diharapkan terjalin keharmonisan dan pengembangan nilai-nilai iptek antara guru dengan siswa, guru dengan kepala sekolah dan kepala sekolah dengan guru serta siswa.

Kemudian yang ketiga tugas guru adalah Melatih, sebagai seorang pelatih guru lebih menekankan kepada aspek pengembangan keterampilan siswa artinya bagaimana anak-anak memiliki keterampilan dan keahlian.


Demikian tiga pon penting yang disampaikan oleh Kadispora Kabupaten Bima dalam acara sosialisasi dan pembinaan guru BP/BK Se-kabupaten Bima. Meski Bupati Bima tidak sempat hadir dalam acara ini namun diikuti dengan hikmad oleh para undangan hingga akhir acara. [Pjm]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger