Pengadaan Buku K13, Masih Dikeluhkan

Wednesday 3 December 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Perubahan kurikulum Nasional dari KTSP ke Kurikulum 2013 (K13)  semestinya harus diimbangi dengan ketersedian buku di tiap-tiap jenjang pendidikan. Meski kini sebagian buku sudah mulai di droping oleh pihak pemenang tender, namun lambannya pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan ini membuat sejumlah sekolah mengeluhkannya.

Buku-buku yang seharusnya menjadi penunjang kegiatan pembelajaran bagi guru dan siswa sebelum kegiatan ujian semester berlangsung, malah ada yang didatangkan pada saat kegiatan uji semester berlangsung. Akibatnya buku-buku yang telah diterima tidak dapat digunkan karena  materinya telah lewat.

Seperti halnya yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Monta, Pihak sekolah mengaku baru menerima buku pada saat kegiatan ujian semester belangsung, bahkan buku-buku ini terancam tidak dapat digunakan untuk tahun ajaran ini  karena materinya telah lewat.

Kepala SMPN 1 Monta, Dra Arfida Roswati M.Pd mengatakan, pihaknya baru menerima buku pada saat kegiatan ujian semester berlangsung “Kami baru menerima buku pada hari Senin kemarin, kebetulan hari itu juga merupakan hari pertama ujian semester,” katanya, saat ditemui disekolah setempat, Selasa (2/12).

Menurutnya, pihak sekolah seharusnya sudah menerima buku sebelum ujian semester berlangsung. “Meski buku telah kami terima tetapi materinya telah lewat, jadi buku-buku ini akan disimpan untuk tahun ajaran berikutnya,” katanya. Mengenai adanya keterlambatan buku, pihaknya mengaku tidak tahu menahu karena ini merupakan urusan pusat.

Meski buku telah didroping ke sekolah ini namun masih ada sebagian buku yang belum diterima.“Beberapa buku pegangan guru bahkan belum kami terima sama sekali dan buku-buku pelajaran siswa juga masih banyak yang kurang, seperti buku Bahasa Inggris, PKn, Seni Budaya kelas 7, dan  buku IPA, IPS untuk kelas 8,” ungkapnya.

Mengingat pentingnya kebutuhan buku bagi guru dan siswa, pihak sekolah berharap agar PT Champion P&B sebagai pemenang tender  agar segera mengirimkan kekurangan buku yang dubutuhkan oleh sekolah ini

Pantauan KM. Portal Himpas Kondisi ini tidak hanya menjadi keluhan di SMPN 1 Monta saja melainkan mayoritas sekolah di Kecamatan Monta memiliki persoalan dan keluhan yang sama. (Son)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger