SMAN 1 Monta Gelar LDKS

Friday 28 November 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Sebanyak 50 orang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Monta menerima materi Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Jum’at (28/11). Kegiatan yang digelar di aula sekolah ini di ikuti oleh siswa kelas satu dan kelas dua sekolah setempat.

Ketua panitia pelaksana, Fahmi Hatib, S.Pd mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari antara tanggal 28-30 November 2014. Selain di dalam ruangan peserta juga akan menerima materi di luar ruangan. “Dua hari pertama peserta menerima materi di sekolah, sedangkan di hari ketiga peserta akan menerima materi di luar ruangan.  Untuk kegiatan luar ruangan kami telah memilih lokasinya yaitu di Pantai Kalaki,” katanya.

Selain untuk mencetak generasi Osis kegiatan ini juga bertujuan untuk mencetak calon pemimpin masa depan yang memiliki kecerdasan intelektual dan kemampuan berorganisasi. Dalam kegiatan ini juga akan ditanamkan akhlak dan budi pekerti kepada siswa.

Sedangkan pemateri dalam kegiatan ini didatangkan dari berbagai sumber seperti, Dewan Pendidikan, pengurus organisasi seperti SGI dan KNPI, penulis buku dan budayawan, sementara untuk materi peraturan baris-berbaris (PBB) didatangkan sumber dari Polsek dan Koramil Monta dan wakasek sekolah setempat.  

Secara umun materi yang akan diterima oleh peserta antara lain, dasar-dasar manajemen dan organisasi, ilmu kepemimpinan, disiplin peraturan baris-berbaris, teknik pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dan tata cara penyususnan proposal kegiatan.

Di hari terakhir peserta akan bertemu tokoh sekaligus pembicara yaitu, Bapak Ruslan Muhammad, S.Sos budayawan sekaligus penulis yang terkenal dengan panggilan Alan Malingi yang akan memberikan materi budaya dan pengenalan tentang Citizen Journalism (Jurnalisme Warga) di Portal Kampung Media.

Fahmi, berharap agar kegiatan LDKS dapat berlajut setiap tahun. “Diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahun dan dapat berkembang di sekolah-sekolah lain, sehingga dalam satu kecamatan ada kegiatan LDKS bersama yang digelar tiap tahun,” harapnya.

Selain itu, Namirawati, Ketua Osis SMAN 1 Monta mengaku senang bisa mengikuti kegiatan LDKS, karena di dalam materinya banyak mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Kami merasa senang bisa mengikuti kegiatan LDKS, selain bisa berkumpul dengan teman-teman, kegiatan ini juga dapat menambah wawasan tentang kepemimpinan dan organisasi,” katanya.

Sedangkan bagi pengurus Osis sendiri diharapakan agar lebih kreatif dalam menyusun rencana kegiatan di sekolah. “Karena dalam kegiatan ini kami juga diajarkan untuk menyusun proposal dan membuat laporan pertanggung jawaban (LPJ) kegiatan,” jelasnya. [Son]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger