Pembangunan Bendung Sori Mila Diapresiasi Petani

Thursday 20 November 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Kesulitan pengairan bagi petani Desa Tangga Baru Kecamatan Monta kini sebagian mulai terpenuhi menyusul dibangunnya Bendung Irigasi So Sori Mila di desa setempat. Pembangunan yang dilaksanakan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan (PNPM-MPd) ini mendapat apresiasi dari petani. Pasalanya keberadaan bendung  ini akan meningkatkan produksi hasil pertanian.

Kaharudin SH , Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Tangga Baru mengatakan, pembangunan ini menggunakan dana PNPM-MPd sebesar 172 juta. Dari sekian dana yang di terima selain digunakan untuk membangun bendung irigasi, dana ini juga digunakan untuk membangun saluran dan galian irigasi sepanjang 1,5 km.

Menurutnya, pembangunan ini dilakukan berdasarkan permintaan dan kebutuhan petani di So Sori Mila yang selama ini hanya bercocok tanam dengan pola tadah hujan. Dengan tersediannya tampungan air, maka para petani tidak lagi hanya bercocok tanam pada musim penghujan saja, tetapi juga dapat bercocok tanam pada musim kemarau. “Dengan demikian akan menambah siklus bercocok tanam bagi petani dan hasil pertanian pun akan meningkat,” katanya, Kamis (20/11).

Kahar, mengaku selama melaksanakan kegiatan tidak mendapatkan kendala. “Berkat dukungan dari masyarakan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan mudah-mudahan pada minggu kedua bulan Desember sudah dapat dirampungkan dan dapat digunakan,” harapnya.

Selain itu, Yusuf (45) petani Desa Tangga Baru mengatakan, selama ini para petani hanya bercocok tanam pada musim penghujan, setelah musim penghujan lahan dibiarkan kosong karena tidak ada lagi sumber air untuk mengairi sawah. “Tetapi dengan adanya bendung irigasi, maka tidak ada lagi lahan kosong karena akan selalu digunakan untuk bercocok tanam,” katanya. [Awal]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger