TUB Monta Dinilai Tim Juri

Sunday 19 October 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Lomba Tata Upacara Bendara (TUB) Kecamatan Monta dinilai Tim Juri Kabupaten, Kamis (16/10). Kegiatan yang dipusatkan di lapangan Desa Tangga Kecamatan Monta ini diikuti oleh peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Peserta merupakan finalis lomba TUB tingkat Kecamatan Monta hasil seleksi Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemuda dan Olahraga (UPT Dikpora) Kecamatan Monta. Diantara sekolah yang dapat menunjukan kebolehannya antara lain, Tingkat Sekolah Dasar merupaka siwa gabungan dari gugus 1 hingga gugus 3, sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) diwakili oleh SMPN 1 Monta dan SMPN 4 Monta dan tingkat SMA diwakili oleh SMAN 1 Monta.

Ketua Tim Juri Kabupaten Bima, Munajar Kasi Kepemudaan, Dinas Dikpora Kabupaten Bima yang ditemui di lapangan Desa Tangga mengatakan, Sejak beberapa hari terakhir tim juri sudah mulai melakukan penilaian terhadap pelaksanaan TUB di tiap-tiap Kecamatan. Di hari pertama, Selasa, (14/10). Tim juri melakukan penilain di dua Kecamatan yaitu Sape dan Lambu.

Dalam kegiatan ini juri akan mendatangi kecamata untuk memberikan penilaian. “Mengingat jika peserta dibawa ke Kabupaten, barang kali jutaan rupiah biaya yang akan dikeluarkan, jadi kami akan turun langsung ke lapangan untuk memberikan penilaian,” tuturnya.

Dikatakannya, Lomba TUB yang mulai diselenggarakan Dinas Dikpora Kabupaten Bima di tahun ini, akan diikuti oleh seluruh siswa tinggkat Sekolah Dasar hingga SMA/SMK. “Dalam lomba diharapkan peserta tingkat SMA/SMK agar menggunkan Drum Band, tetapi bagi siswa SD dan SMP yang belum memiliki alat, tidak apa-apa tidak menggunakannya,” kata dia.

Melalui upcara kita ingin mendidik karakter, coba saja kita bayangkan ketika upacara-upacara umum sulit sekali untuk memanggil peserta bahkan sebelum pidado sudah pada duduk. “Sekarang kita lihat bagaimana disiplin siswa saat mengikuti lomba, Jadi inti dari kegiatan ini adalah untuk melatih disiplin dan mendidik karakter siswa,” jelasnya.

Menurutnya, pengumuman juara kemungkinan akan di lakukan sekitar bulan November. “Pengumuman barang kali akan dilakukan pada upacara 10 Nomber, sedangkan pada upacara 28 Oktober kita belum dapat mengejarnya  karena masih dalam penilaian,” ungkapnya.

Dia berharap, lomba TUB dapat berlanjut tiap tahun. Karena sekarang memang sudah masuk dalam proses anggaran. "Insya Allah tahun depan kita juga akan laksanakannya, mudah-mudah  propinsi dapat menindak lanjuti dengan mengadakan lomba TUB tingkat propinsi,” harapnya.  [AL] 
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger