Pemilihan Ketua Komite SMAN 1 Monta Berlangsung Demokratis

Friday 31 October 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Sejumlah wali murid Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Monta menghadiri rapat bembentukan pengurus komite dan penyusunan Rencana Anggaran Pembelanjaan Sekolah (RAPBS), Kamis (30/10). Rapat yang di gelar di ruangan guru sekolah tersebut juga dihadiri oleh pemerhati pendidikan seperti anggota LSM, Pengawas pendidikan, dan tokoh masyarakat.

Kepala Sekolah SMAN 1 Monta, H Sulistyo Widodo, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal yang dihadapi oleh sekolah selama masa jabatannya, seperti penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang tidak bisa pakai untuk membayar honor guru dan pegawai dan kekurangan guru mata pelajaran yang dibutkan oleh sekolah. “Setelah rapat pembubaran pengurus dan pembentukan pengurus baru  kita perlu melakukan rapat untuk menentukan besarnya  iuran komite. Cukup untuk membayar honor guru dan pegawai. Kalau untuk kegiatan lain Insya Allah kita juga dapat menggunakan dana BOS,” katanya.

Selain itu, dari sekian siswa ada juga yang dibantu dengan uang BOS misalnya 25 % untuk membayar iuran komite, kemudian ada yang dibantu 50 % dan barang kali ada juga yang perlu dibebaskan sesuai dengan keadaan dan laporannya. “Jadi tidak semua siswa harus membayar karena ada poin-poin yang mengatakan siswa bisa dibantu, tergantung penilaian seperti 25 % atau 50 %, kalau 100 % berarti siswa dibebaskan dari iuran komite,” ujarnya.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan pemilihan pengurus komite masa bakti 2014-2017 yang akan menggantikan pengurus lama yang telah berakhir masa jabatannya. Pemilihan dilakukan dengan cara demokratis dan diikuti oleh 5 orang kandidat calon yang terdiri dari beberapa unsur dan tokoh masyarakat. Berdasarkan hasil pemilihan, Mustakim H Abdurahman terpilih sebagai ketua, kemudian Suharlin Leo, Wartawan sekaligus koordinator Kampung Media Tantongan Parewa juga terpilih sebagai sekretaris, sementara jabatan bendahara tetap diduduki pejabat lama, A. Haris, SH.


Setelah dikukuhkan dan dilantik pengurus baru ini langsung menjalankan tugas dengan memimpin rapat penyusunan Rencana Anggaran Pembelanjaan Sekolah. Dalam agenda ini pihak sekolah menawarkan iuran komite sebesar 75 ribu per bulan. Setelah melalui pembahasan yang cukup alot akhirnya wali murid menyanggupi pembayaran iuran komite di SMAN 1 Monta sebesar 40 ribu rupiah perbulan. [AL]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger