BPD Desa Tangga Mulai Godok Perdes

Monday 13 October 20140 comments


KM. Portal Himpas, - Dalam rangka menyusun Peraturan Desa (Perdes) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tangga Kecamatan Monta menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), Sabtu (11/10), kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh yang mewakili masyarakat desa tersebut.

Ketua BPD Desa Tangga, Aeman, S.Pd mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat guna menyusun rancangan peraturan desa. “selain itu, rancangan ini dimaksudkan untuk membuat peraturan yang akan menciptakan keamanan dan kenyamana  dalam tatanan kehidupan masyarakat,” jelasnya. 

Aeman mengaku, rancangan Perdes merupakan inisiatif dan terobosan yang dilakukan oleh BPD sekarang. “Sebenarnya kami berangkat dari nol, karena  tidak ada peraturan desa yang dibuat sebelumnya,” katanya.

Berhubung Perdes yang akan dibuat berbasis pada kebutuhan masyarakat, jadi saran dan usul sangat diperlukan. Karena apa yang menjadi saran dan usul pada hari ini akan dimasukan kedalam draf perdes.  "Kemudian draf tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat untuk dikoreksi bersama, jika sudah dianggap tidak bermasalah maka draf inilah yang akan ditetapkan menjadi Peraturan Desa," ucapnya.  

Beberapa usulan yang telah dicatat antara lain, pelelangan tanah harus dilakukan di kantor desa, orgen tunggal dilarang pada malam hari, pembangunan pagar so (lokasi sawah) dan penertiban hewan terwan. 

“Berbicara hukum tentu tidak terlepas dari sesuatu hal yang memaksa dan mengikat. Jika ada yang melanggar tentu akan dikenakan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan,’ tuturnya.

Selain itu, Penjabat Kepala Desa Tangga, M. Amin Hasan mengatakan, Pemerintah desa menanggapi baik inisiatif yang dilakukan oleh BPD karena dengan terciptanya Peraturan Desa maka akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat. Terutama pembangunan pagar so yang selalu menjadi masalah warga setiap tahun. "Untuk itu dengan adanya inisiatif BPD, mari kita kerja untuk membangun desa,” ajaknya.  [AL]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger