PNPM Mandiri Cairkan Dana Bergulir

Wednesday 24 September 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri melalui Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Kecamatan Monta mencairkan dana bergulir Simpan Pinjam Perempuan (SPP) kepada 6 kelompok usaha perempuan di Desa Simpasai, Kecamatan Monta. Pencairan yang dipadati oleh kaum Ibu itu dilakukan di aula kantor Desa Simpasai  pada Selasa siang (23/09).

Drs. Taslim Ketua UPK Kecamatan Monta menjelaskan,  pencaira dana SPP dapat dilakukan apabila masing-masing kelompok telah melunasi pinjaman karena dana SPP merupakan dana bergulir maka tanggungjawab kelompok untuk mengembalikannya sehingga dana yang telah dikembalikan dapat dicairkan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kelompok. Sedangkan untuk pengembangan tergantung jumlah dana yang masuk. “Bisa dilakukan dengan menambah jumlah pinjaman bagi kelompok lama atau dengan membentuk kelompok baru,” jelasnya.

Di katakannya, Pencairan dana untuk 6 kelompok di Desa Simpasai dilakukan karena semua kelompok di desa tersebut telah melunasi pinjamanya. Sedangkan jumlah nominal yang dapat di terima oleh anggota kelompok bisa berfariasi antara 1-5 juta rupiah per anggota tergantung penilain dan kelancaran usahan. “Maksud dicairkan dana SPP adalah untuk membantu kaum perempuan dalam meningkatkan usaha seperti usaha bakulan, perkiosan dan usaha ternak sehingga dengan usaha tersebut dapat meningkatkan ekonomi keluarga,” katanya saat ditemui di balai desa setempat.

Selain itu, di tempat yang sama, Ma’ati Syafrudin (60) salah satu anggota kelompok SPP ‘Kampo Baru’ Desa Simpasai di tengah antriannya mengatakan, dirinya merasa beruntung karena bisa mendapatkan pinjaman modal dari kelompok SPP yang terbentuk di desanya. Dengan demikian ia dapat meningkatkan modal usaha bakulannya. Ma’ati  merupakan salah satu pedagang sayur yang sering berjualan disekitar lokasi pasar tradisional Desa Simpasai dan mengaku dirinya berjualan di sana dari pagi hingga sore hari. [AL]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger