Menggenggam Dunia Melalui Informasi

Saturday 30 August 20140 comments

KM. Portal Himpas, - “Menggenggam dunia melalui informasi” itulah motto yang disampaikan oleh Kabid Kominfo Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST.M.Eg  saat memberikan sambutan pada acara rapat koordinasi seluruh Koordinator Kampung Media (KM) dan Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Bima yang digelar di aula kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Kabupaten Bima pada hari Sabtu (30/08) kemarin.

Kegiatan yang dihadiri oleh sedikitnya 12 orang Koordinator KM dan 7 orang pengurus KIM Se-Kabupaten Bima ini adalah dalam agenda pembahasan mewujudkan pelayanan publik yang berdaya guna dan berhasil guna yang merupakan ciri dari Pemerintahan yang baik (Good Governance).  Untuk itu, Terkait keberadaan Kampung Media dan KIM sebagai wadah yang akan memudahkan informasi bagi masyarakat dipandang perlu untuk menyatukan presepsi dalam berbagai kegiatan Dishub Kominfo Kabupaten Bima tahun 2014/2015.

Muhammad Irfan, juga memberikan apresiasi atas prestasi dan progres yang dicapai oleh komunitas kampung media Kabupaten Bima selama 2 tahun terakhir yang telah menunjukan kepada dunia bahwa kita mampu meraih prestasi. “Tentu ini menjadi komitmen kita bersama untuk terus mempertahankannya, meraih mungkin akan  lebih mudah tetapi untuk mempertahankannya akan lebih sulit,” ujarnya.

Sejak tahun 2012 sampai hari ini kebersamaan kita yang kurang lebih selama 2 tahun, beberapa item kegiatan telah kita laksanakan dan beberapa bantuan telah disampaikan seperti modem dan perangkat lainnya. Ini merupakan upaya riil Pemerintah Kabupaten Bima untuk menjadikan KM dan KIM sebagai mitra kerja dalam menyampaikan informasi di tiap wilayah masing-masing.

Yang paling penting untuk kita sepakati hari ini adalah rencana kita pada tahun 2015 karena bagi “siapa yang menguasai informasi dialah yang menguasai dunia” untuk itu, kita akan coba arahkan kesana karena tanpa dukungan perangkat dan tanpa dukungan SDM maupun regulasi semua itu tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, apa yang masih kurang berdasarkan pengalaman teman-teman selama ini diharapkan ada aspirasi yang disampaikan sehingga apa yang menjadi kebutuhan dapat kita adakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu, memang ada inisiatif dari kami untuk mengumpulkan seluruh elemen yang berkaitan dengan komunikasi,  maka dengan seluruh elem ini kita akan coba bahu membahu agar informasi Bima dapat kita genggam dan kita drop ke masyarakat secara maksimal. “Ini merupakan bagian dan startegi kita untuk mencapai masyarakat Informasi di Kabupaten Bima,” kata Irfan mengakhiri sambutannya karena harus menghadiri rapat PPID di kantor BPM-des Kabupaten Bima.

Kemudian rapat yang berlangsung dengan penuh keakraban itu dilanjutkan oleh Kasi Penyiaran dan Kemitraan Media,  Pak Muhaimin, SH dengan meminta laporan serta kendala yang dihadapi oleh masing-masing komunitas KM maupun KIM selama menjalankan kegiatan di lapangan.

Setelah beberapa KM lain menyampaikan laporan dan tiba giliran KM Porta Himpas yang diminta untuk menyampaikan laporan. Saya sendiri sebagai koordinator menyampaikan harapan dari teman-teman komunitas KM Portal Himpas kapada Dishub Kominfo, karena berhubung kami adalah komunitas baru jadi sangat mengharapkan adanya pelatihan jurnalis bagi penulis-penulis baru, karena tidak semua anggota yang tergabung  dalam Komunitas KM menyandang profesi sebagai wartawan memang ada sebagian tetapi bagi pemula akan sangat sulit untuk mulai menulis ketika mereka belum memahami dasar-dasar penulisan.

Untuk itu, dengan adanya pelatihan setidaknya anggota yang telah bergabung dan yang masih pasif dalam hal menulis akan lebih aktif menulis karena telah memahami dasar-dasar penulisan sehingga dengan semakin banyaknya anggota yang menulis, maka akan semakin fariatif pula informasi yang dibagikan dan akan semakin banyak juga informasi yang akan diserap oleh masyarakat dari penulis-penulis kampung.

Ternyata apa yang saya sampaikan pada kesempatan itu banyak mendapat dukungan dari teman-teman KM. Berdasarkan hasil rapat dan kesepakatan bersama akhirnya pelatihan dan pengembangan kapasitas jurnalis Kampung Media Kabupaten Bima masuk dalam agenda kerja Tahun 2015. [AL]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger