Bintek dan Simulasi PPK Dihadiri Kapolres Bima

Monday 23 June 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Menyongsong Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada tanggal 9 Juli mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Bintek dan Simulasi pemilu kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Bima.

Bintek dan Simulasi yang digelar di SDN Pada, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima pada hari Senin (23/06) kemarin, juga dihadiri oleh Kapolres Kabupaten Bima, AKBP IGPG Ekawana Prasta SIK.

Dalam sambutanya Kapolres Bima, menyampaikan rasa bangganya karena dapat hadir di tengah-tengah keluarga besar KPU yaitu penyelenggara Pemilu Kabupaten Bima yang diikuti tepuk tangan meriah oleh seluruh peserta yang hadir.

Sebagai penyelenggara pemilu, “rekan-rekan harus bangga terpilih sebagai salah satu penyelenggara pemilu dimana kebangga ini telah banyak mengukir sejarah,” tuturnya.

Pada kesempatan itu dia berharap, bahwa dalam pelaksanaan Pilpres Tahun 2014 di Kabupaten Bima dapat berjalan kondusif “salah satunya rekan-rekan mendukung keamanan sehingga menjadi berita nasional bahwa penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Bima berlangsung aman, tentram dan damai,” kata Eka.

Selain itu, Ketua KPUD Kabupaten Bima Siti Nursusila, S.Ip., M.MSip menyebutkan, kita harus berbangga hati karena mungkin ini adalah satu-satunya Bimbingan tekhis PPK diseluruh Indononesia yang dihadiri oleh Kapolresnya. “karena memang koordinasi antara KPU dan jajarannya dengan Polres Kabupaten Bima memang berjalan sangat-sangat baik,” ujarnya.

Susila, berharap agar peserta yang hadir dapat mencermati bintek dengan baik dan mengikutinya dari awal hingga akhir karena PPK akan menjadi instruktur di Kecamatannya masing-masing yang akan memberikan bintek kepada PPS dan KPPS.

Kegiatan Bintek dan Simulasi yang digelar sejak pukul 09.00 Wita itu juga dihadiri oleh seluruh anggota PPK dari 18 kecamatan Se-kabupaten Bima dan metode kegiatan pun dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama yaitu penyampaian materi yang diberikan oleh Komisioner KPU tentang tata cara pengisian Formulir model C1 s/d C7 dan pendalam materi peraturan perudang-undangan yang berlaku dalam Pilpres 2014. Sementara sesi kedua PPK melakukan praktek dengan cara simulasi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sampelnya dibuat oleh Staf KPU di halaman gedung sekolah tersebut.

Dalam kegiatan ini anggota PPK yang ditunjuk akan melaksankan tugas layaknya Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat melaksanakan tugas di TPS. Namun suasana simulasi menjadi sedikit dramatis karena ada beberapa konflik yang diciptakan, seperti ada oknum TNI/Polri aktif yang memaksa ingin menggunakan hak pilih padahal sesuai dengan peraturan mereka tidak dapat menggunakan hak pilih, selain itu, ada pemilih cacat yang mengamuk di TPS karena lamban dilayani oleh petugas. 

Dengan adanya persoalan-persolan yang muncul di tingkat TPS maka penyelenggara pemilu dituntut untuk dapat menyelesaikannya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Setelah semua tahapan dilaksankan akhirnya simulasi berakhir sekitar pukul 16.30 Wita. [AL] 


Baca juga disini: KAMPUNG MEDIA Citizen Journalism
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger