Mari Mengenal Cara Kerja Ponsel

Saturday 5 April 20140 comments

KM. Portal Himpas, -  Disana ponsel, disini ponsel, dimana-mana ramai orang menggunakan ponsel. Tapi taukah anda bagaimana cara kerja ponsel? Handphone atau ponsel alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Fungsinya sama dengan telepon rumah, hanya saja ponsel tidak memiliki kabel, sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Dengan bentuknya kecil dan ringan, ponsel dapat dimasukkan ke dalam kantong baju atau celana. Sehingga dimanapun kita berada kita dapat menelepon atau menerima panggilan atau telepon melalui ponsel.

Tower yang berupa rangka besi yang menjulang tinggi itu, berfungsi sebagai pengirim dan penerima sinyal. Semakin banyak tower yang dipasang, maka semakin luas daerah yang bisa dilayani untuk penggunaan ponsel.

Ponsel baru bisa digunakan setelah ada SIM atau kartu identitas berlangganan. Ada banyak macam SIM card Terkomsel (Simpati & As), indosat, XL, dll. SIM card ini berisi nomor telepon tertentu yang akan menjadi identitas dari si pemakai ponsel tersebut. Ponsel menggunakan sinyal untuk menangkap dan mengirim suara atau pesan melalui frekuensi tertentu.

Operator penyedia jasa layanan seluler memiliki pemancar-pemancar yang berfungsi memancarkan sinyal sehingga dapat ditangkap oleh antena yang ada pada ponsel. Kalau ponsel tidak mendapat sinyal, berarti kita tidak dapat melakukan komunikasi didaerah tersebut.

Selain digunakan untuk menerima suara ponsel juga bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat yang disebut SMS (Short Messenge Service), untuk mengirim SMS cukup mengetikkan pesan dalam ponsel kita, kemudian kirim ke nomor ponsel yang dituju.

Menggunakan ponsel memang mengasyikan, Namun menggunakan ponsel ini tidak gratis, kita harus membeli pulsa agar bisa melakukan percakapan telepon, mengirim pesan atau layanan lainnya.

Pada saat ponsel digunakan maka pulsa didalam SIM card akan berkurang. Kalau ponsel kita tidak memiliki pulsa, tentu kita tidak dapat berkomunikasi untuk menelepon atau SMS. Jadi gunakan ponsel sebaik-baiknya bicaralah seperlunya agar hemat pulsa, rugi dong kalau uang hanya dipergunakan untuk beli pulsa. [AYA]  

Baca juga disini: KAMPUNG MEDIA Citizen Journalism
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger