Jelang Pemilu, PPK Monta Gencar Lakukan Sosialisasi dan Bimtek KPPS

Friday 4 April 20140 comments

KM. Portal Himpas, -  Dalam rangka mempersiapkan dan memantapkan kemampuan penyelenggara dalam menjalankan tugas pada Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD yang akan digelar pada tanggal 9 April nanti. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Monta gencar melakukan Bimbingan Teknis kepada sejumlah Kelompok  Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  di Wilayah Kecamatan Monta.

Seperti dituturkan, Al Furqan M. Nur Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Monta, “KPPS merupakan ujung tombak pelaksana pemilihan umum, karena yang menjadi sumber data ada di tingkat KPPS. Untuk itu, sebelum melaksanakan tugas anggota KPPS harus betul-betul memahami apa saja yang harus dikerjakan pada hari pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan peraturan dan perudang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Kegiatan Bimtek gabungan yang sudah dilaksakan sejak hari Rabu (02/04) itu, merupakan inisiatif PPK dan PPS Se-Kecamatan Monta untuk memantapkan kesiapan tugas KPPS pada hari pemungutan dan penghitungan suara tanggal 9 April nanti.

Meski  sebelumnya KPPS telah menerima bimbingan teknis yang diberikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada tiap-tiap desa namun masih dirasakan kurang dan perlu diberikan bimtek tambahan. Untuk itu, dengan adanya insiatif dalam meningkatkan dan memantapkan kinerja KPPS untuk menghadapi hari “H”. PPK dan PPS Se-Kecamatan Monta mengadakan rapat pada hari Selasa (01/04) untuk membuat jadwal Bimtek gabungan dengan memetakan wilayah desa. Sedangkan yang disepakati sebagai pemateri adalah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Monta.

Maka dengan adanya insiatif bersama yang telah disepakati PPK dan PPS telah mengatur jadwal Bimtek gabungan yang dilaksanakan sejak hari rabu (02/04) dengan cara memetakan 14 desa yang berada di wilayah Kecamatan Monta dan dibagi dalam 3 hari yang dijadwalkan pagi dan siang.

Oleh karena itu,  dalam setiap kesempatan memberikan materi bimtek, saya selalu mengajak dan mengingatkan penyelenggara pemilu khususnya di Wilayan Kecamatan Monta agar tetap bersikap netral dan nonpartisan terutama bagi penyelenggara yang memiliki hubungan kerabat maupun kelurgaan dengan para calon yanga akan berkompetisi. 

“Kami juga menghimbau kepada seluruh penyelenggara pemilu agar tetap  menjaga komitmen dan menghormati kode etik sebagai penyelenggara pemilu sehingga kegiatan  Pemilihan Umum di Kecematan Monta dapat berjalan kondusif," tandasnya.


Selain itu sebutnya, materi-materi yang harus dipahami adalah cara pengisian Model C1 dan materi Regulasi PKPU 26 dan  PKPU 5 tahun 2014 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, "sehingga pada hari pemungutan dan penghitungan suara KPPS dapat menjalankan tugas dan wewenangnya dengan baik” kata Al Furqan yang juga selaku koordinator di Kampung Media Portal Himpas ini,  usai memberikan bimtek gabungan di Desa Sondo Kamis (03/04) kemarin. [Bule]


Baca juga disini: KAMPUNG MEDIA Portal Jurnalis Warga NTB 
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger