Akibat Curah Hujan Rendah Hasil Panen Turun Drastis

Sunday 30 March 20140 comments

KM. Portal Himpas, -  Setelah mengalami kekeringan yang cukup hebat akibat curah hujan yang sangat rendah, kini sebagian petani Monta dalam hanya dapat memanen sisa padi yang bertahan hidup bahkan sebagian petani lainnya telah meninggalkan lahan mereka karena padi yang diharapkan dapat dipanen telah mati dan tidak berbulir akibat kekeringan.

Namun bagi, sebagian petani yang beruntung mereka hanya dapat memanen sisa padi yang masih bertahan hidup dan bahkan hanya dipilih yang berbulir saja karena yang lain meskipun bertahan hidup tetapi tidak memiliki bulir/buah untuk dipanen.

Seperti dikatakan Suaeb (60), petani Desa Wilamaci, Kecamatan Monta, “akibat intensisatas hujan yang rendah menyebabkan sebagian besar petani mengalami gagal panen, untuk itu sukses dan tidaknya kegiatan pertanian di wilayah Monta dalam tergantung pada Curah hujan yang memadai,” katanya Minggu pagi (30/03)  

Menurut dia, hasil panen musim ini mengalami penurunan yang sangat signifikan karena biasanya dilahan yang dia garap menghasilkan padi sekitar 40-50 karung namun pada musim panen kali ini dia hanya dapat memanen padi sekitar 7-10 karung. Jika di bandingkan dengan petani lain yang mengalami gagal panen, Suaeb merupakn salah satu petani yang beruntung karena masih dapat memanen padi yang dia tanam walaupun hanya sedikit.

Hal senada juga disampaikan Ahmad Yani (26), petani Desa Waro, Kecamatan Monta “dengan terjadinya kekeringan dan rendahnya curah hujan yang dialami menyebabkan beberapa petani Desa Waro telah meninggalkan lahan mereka karena padi yang akan dipanen telah mati dan tidak berbuah,” katanya di Desa Waro.


Untuk itu dengan adanya persoalan klasik yang sering dihapi oleh para petani Monta dalam, mereka berharap agar Pemerintah dapat merumuskan dan mengagendakan dalam Perencanaan Pembangunan Daerah solusi terkait  persoalan yang mereka hadapi terutama kesulitan sumber air dan irigasi karena wilayah monta dalam merupakan daerah potensial untuk pengembangan pertanian hanya saja terkendala dengan sarana dan prasaran irigasi yang tidak memadai. [AY]

Baca juga disini: KAMPUNG MEDIA Citizen Journalism
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger