Portal Himpas Menuju Kampung Media

Thursday 20 March 20140 comments


KM. Portal Himpas, - Berawal dari sebuah harapan  ingin menciptakan sebuah keterbukaan informasi publik dan membantu masyarakat maupun pemerintah dalam menyediakan sarana informasi publik melalui jejaringan internet khususnya kejadian dan peristiwa terbaru yang terjadi diwilayah kami Kecamatan Monta, Kabupaten Bima karena yang kami ketahui pengguna internet tidak terbatas maka setiap informasi yang dibagikan akan lebih mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dengan harapan itu, kami sebagai Mahasiswa dan Pemuda yang sadar akan pentingnya informasi bagi masyarakat sejak pertengahan tahun 2012 lalu berupaya membangun sebuah laman blog yang diberi nama “Portal Himpas” dengan alamat http://himpas-institute.blogspot.com/   disinilah ruang kami mengekspresikan dan menyampaiakn harapan kami kepada pemerintah dan berbagi informasi kepada masyarakat luas dengan tulisan-tulisan yang diposting dilaman blog.

Sejak melakukan postingan perdana pada tanggal 29 Juli tahun 2012 lalu, kami banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terutama dari para sahabat yang berada diluar daerah dan diperantauan terutama yang telah menjadi TKI dan TKW di luar Negeri, karena dengan adanya informasi-informasi terbaru tetang kejadian di kampung yang kami bagikan dapat mengobati kerinduan mereka terhadap kampung halaman meski hanya dengan membaca sebuah tulisan yang kami posting.

Melihat kebutuhan dan dukungan yang cukup banyak memberikan motivasi bagi kami untuk terus berkarya dan berbagi informasi meski harus dengan swadaya. Namun sebagai relawan informasi yang bertekad untuk berbagi informasi kami harus tetap berkarya meski beberapa kendala harus dihadapi dengan kekurangan sarana.

Setelah perjuangan yang cukup panjang akhirnya ada angin segar yang menghampiri karena dengan adanya program KAMPUNGMEDIA atau Media Warga (Citizen Journalism) yang berada di bawah binaan Balai Pelayanan Informasi Publik (BPIP) Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika Provinsi Nusa Tenggara Barat, memberikan kesempatan kepada kami untuk bergabung di Komunitas Kampung Media NTB dan menjadi warga (penulis) di Portal Kampung Media NTB.

Dengan diberikan kesempatan untuk bergabung, tidak serta merta “Portal Himpas” langsung terakomodir sebagai “Komunitas Kampung Media NTB” karena perjuangan harus terus dilakukan untuk membuktikan terwujudnya tujuan Kampung Media dengan memenuhi standarisasi, klasifikasi dan kualifikasi yang telah ditentukan.

Sebuah anugerah yang patut kami syukuri akhirnya pada tanggal 15 Maret Tahun 2014 “KM. Portal Himpas” di undang untuk menghadiri Pelatihan Manajemen IT dan Pengembangan Website Kampung Media yang digelar di Hotel Lombok Raya Kota Mataran beberapa waktu lalu.

Selain itu sebuah kebanggaan bagi saya, Al Furqan M. Nur Koordinator “KM. Portal Himpas” yg diberi kesempatan oleh, Bapak Fairus Abadi, SH Koordinator Kampung Media NTB untuk memperkenalkan diri sebagai salah satu dari dua Komunitas Kampung Media yang baru terbentuk di Kabupaten Bima. [AL] 

Baca juga disini: Portal Jurnalis Warga (Citizen Journalism) Kampung Media
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger