Diskusi Caleg Dari Kampung

Wednesday 19 March 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Pemilihan DPR, DPD dan DPRD yang tinggal beberapa hari lagi menimbulkan berbagai perbincangan di kalangan masyarakat mulai dari pejabat tinggi, aktifis mahasiswa maupun orang kampung. Debat calonpun dilakukan melalui media televisi maupun perbincangan orang kampung di sarangge (balai bambu) warga.

Pemandangan ini terlihat saat kami mendatangi sebuah warung kopi yang berada persis di sebelah selatan Kantor Camat Monta, pada hari Rabu (19/3/14). Berbagai kalangan terlihat asyik membicarakan kompetisi para calon yang berada didapil mereka yaitu Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kabupaten Bima.

Seperti dituturkan, Abdollah (58) warga Desa Tangga, Kecamatan Monta yang hanya berlatar belakang sekolah dasar ini, Pemilihan DPR dan DPD ibarat seseorang sedang meletakan buah apel diatas meja tergantung kita yang memilih “mau apel muda atau apel matang” tergantung orang yang memilih dan itu tidak dapat dipaksakan karena menjadi hak masing-masing, “namun jika salah pilih, konsekwensinya kita akan mencicipi apel yang rasanya manis maupun asam selama lima tahun,” tuturnya.

Selain itu, Rhul salah seorang aktifis mahasiswa juga ikut nimbrung dalam perbincangan, menurut dia, sebelum pemilih menentukan calon yang akan dipilih setidaknya pemilih harus mengetahui trek record atau rekam jejak calon tersebut, seperti bagaimana Integritas dan kepribadiannya, hubungan sosial kemasyarakatan dan sikap peduli terhadap persoalan sosial yang dihadapi masyarakat di daerah pemilihan mereka “karena pemilih cerdas akan memilih pemimpin yang berkualitas,” kata dia.

Namun bagi, Haji Oma (60) warga Desa Tangga yang ikut dalam perbincangan mengatakan dia akan lebih memilih calon yang berasal dari desanya karena menurut dia, selama ini banyak calon yang mewakili dapilnya tetapi kebanyakan tinggal di luar daerah atau di Kota Bima "bagaimana anggota DPRD terpilih dapat mengetahi persoalan yang kami hadapi sementara mereka berdomisili di Kota," katanya, untuk itu dia tetap bersihkeras memilih calon yang berada diwilayahnya. [AW] 


Baca juga disini: Portal Jurnalis Warga (Citizen Journalism) Kampung Media
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger