Lapangan Desa, Sarana Faforit Pemuda Untuk Berolahraga

Tuesday 18 February 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Setiap desa atau perkampungan tentu harus memiliki sarana publik untuk kepentingan warganya, demikian sarana lapangan desa yang dimiki oleh warga  Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima. Lapangan Mekar yang berada di Desa Sie ini, sering digunakan oleh warganya untuk kepentingan publik seperti melangsungkan acara perkawinan dan hajatan lainnya. Selain itu lapangan mekar sie juga sering dimanfaat oleh Pemerintah untuk menyelenggarakan upacara hari-hari besar Nasional dan bahkan beberapa tahun lalu lapangan mekar sie sempat dijadikan sebagai arena MTQ Tingkat Kabupaten Bima yang Ke-25.

Namun bagi para pemuda dan remaja Desa Sie lebih memanfaatkan lapangan untuk sarana berolah raga dan bermain bola bahkan menjadi tempat faforit yang dikunjungi pemuda pada sore hari. Aktifitas ini akan mulai terlihat sekitar pukul 16.00 wita sore,  Lapangan desa mulai dipadati oleh pemuda dan anak-anak untuk bermain bola dan berolahraga disini.

Seperti yang dituturkan oleh Ahmad salah satu pemuda yang sering menghabiskan petang untuk bermain bola dilapangan mekar sie, menurut dia, “pemuda desa sie memiliki kegemarana bermain bola, meski tampa perintah setiap sore hari para pemuda desa akan berkumpul dengan sendirinya dilapangan, setelah dirasakan cukup untuk membentuk Tim para pemuda akan memulai permainan, ketika yang bermain sudah merasa lelah maka pemuda lain akan menggatikannya, begitu seterusnya hingga permainan selesai,” tuturnya, pada senin sore (17/2/14).

Namun bagi, Ahmad dan pemuda lainnya, mengisi kegemaran untuk bermain bola tentu tidak mengabaikan pekerjaan lain, “berhubung sebagian besar penduduk sie adalah petani, maka sebelum pemuda desa hadir dilapangan mereka akan menyelesaikan pekerjaannya masing-masing untuk membantu orang tua di sawah atau di ladang, sehingga bermain bola tidak mengganggu aktivitas lainnya,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh, Didi, salah satu siswa sekolah dasar yang sering memanfaatkan lapangan ini untuk bermain bersama teman-temannya, “sepulang sekolah pada sore hari, saya dan teman-teman akan berkumpul dilapangan untuk bermain bola dan bermain apa saja yang kami gemari, seperti balap sepeda, lomba lari dan lainnya,” ujarnya polos.

Melihat momen ini, M. Saleh, salah satu pedagang makanan keliling tak mau ketinggalan untuk menggelar dagangannya disekitar lapangan, “berjualan di sekitar lapangan pada sore hari akan lebih banyak  pembeli ketimbanng saya berdagang keliling kampung dan omzet penjualan akan lebih banyak,” katanya, saat ditemui dilapangan mekar sie. [Yudiz]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger