Banjir Kembali Meluap di Monta

Wednesday 22 January 20140 comments

Portal Himpas, - Banjir akibat meluapnya DAM Pela Parado Kecamatan Monta, Selasa (21/1/14) pagi hingga malam hari, menyebabkan sebagian desa terendam banjir. Selain itu, sebagian warga yang tinggal di lokasi langganan bajir seperti kampung mujair di Desa Sie, dan Dusun Sori Owo Desa Tangga lebih memilih untuk mengungsi dirumah keluarga dan kerabat yang lebih tinggi.

Sebagian warga terutama pemilik ternak sapi terlihat sibuk menyelamatkan ternak mereka, Kepala Desa Tangga, Israrudin, termasuk orang yang paling sibuk saat banjir melanda desa itu. Karena Kades selain mengurus rakyatnya juga terkena dampak banjir, juga harus belepotan menyelamatkan ternaknya. Terlihat beliau sibuk bersama warga lain menyelamatkan ternak-ternak mereka dan beberapa warga juga terlihat menggiring puluhan ekor sapi agar tidak terseret banjir.

Hingga Rabu pagi kondisi banjir kembali normal dan warga yang mengungsi pada keluarganya sudah kembali ke rumah masing-masing dan mulai sibuk membersihkan rumah dan halaman yang berlumpur, sehingga tidak banyak yang keluar, kecuali yang PNS yang bekerja pada pagi hari dan sebagian guru yang mengajar di sekolah.

“Dengan kondisi cuaca yang belum menentu, kita belum tahu apakah ada banjir susulan, meski Rabu pagi masih terlihat hujan rintik-rintik,” kata salah seorang warga desa tangga.

Hal senada dikemukakan pedagang sapi warga desa tangga, ada puluhan ekor sapi yang dibeli yang akan dijual ke Jakarta. Namun, dengan banjir ini kami harus berusaha menyelamatkan sapi dari terjangan banjir. “Satu saja yang hilang kita bias rugi. Apalagi, target jumlah sudah ditentukan untuk diantarpulaukan,” katanya, pada rabu pagi.

Pada saat bajir terjadi hinggga selasa malam kemarin Dusun Diha yang berada di Desa Sie terisolir  karena jembatan penghubung dengan desa induk telah dilampaui air sehingga tidak dapat dilewati, tetapi kini mulai normal kembali.

Berdasarkan Pantauan Tim Portal Himpas hingga rabu pagi (22/1/14) meski banjir sudah mulai surut namun masih merendam ratusan hektar lahan persawahan warga seperti persawahan sebelah timur desa simpasai, so sie, so uma lige desa tangga, persawahan warga sakuru hingga persawahan warga desa monta kecamatan monta, namun belum dapat dipastikan kerugian petani akibat musibah ini. [AL]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger