Sosialisi Program, BPJS Cabang Bima Gandeng Sejumlah Media

Saturday 8 October 20160 comments

Kegiatan Media Gathering yang Digelar BPJS Cabang Bima di Hotel Mutmainan Kota Bima, Sabtu (8/10)
Portal Himpas - Mengingat pentingnya peranan pers sebagai corong informasi masyarakat. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bima menggelar acara Media Gathering dengan mengundang sejumlah awak media, Sabtu (8/10/2016).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Hotel Mutmainah Kota Bima dihadiri sedikitnya 30 orang perwakilan awak media dari media cetak, media TV dan media elektronik yang tersebar di Kota dan Kabupaten Bima.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Elly Widiani mengatakan, media gathering dilaksanakan dalam rangka membangun kemitraan dan keakraban antara BPJS dengan insan pers. Dalam kegiatan kali ini konsepnya dibuat lebih santai dan tidak terlalu serius  dan lebih banyak acara diluar ruangan outbound yang diisi dengan berbagai permainan yang menyenangkan.

“Wartawan katanya tidak betah lama-lama berada dalam ruagan, kalau bertahan satu jam dalam rungan sudah dikatakan hebat. Jadi konsep kegiatan ini kita buat santai yang intinya BPJS ingin menjalin kemitraan dan keakraban dengan rekan-rekan wartawan,” katanya.

Widiani menjelaskan, BPJS Kesehatan sebagai badan penyelenggara yang ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai badan penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2014 lalu memang terbilang masih berusia muda. Di usianya yang menginjak tahun ketiga BPJS ingin terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat terutama mafaat program layanan kesehatan yang sedang dijalankan.

Dikatakan, mengingat pentingnya sosialisasi kami merasa insan pers dan media adalah unsur yang sangat penting agar program yang dijalankan dapat diterima dan masuk hingga unsur-unsur terkecil dalam kehidupan masyarakat. "Jadi sesuatu hal bisa positif atau negatif itu tergantung peranan media," ungkapnya.

Melalui pertemuan ini, Widiani berharap agar semua informasi tentang jaminan layanan kesehatan dapat diketahui oleh masyarakat karenan menurutnya saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui perbedaan antara antara JKN, BPJS Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), maka dengan demikian BPJS perlu memperbanyak sosialisasi. 

"Jadi semua pihak akan kami rangkul untuk sama-sama melakukan sosialisasi program ini termasuk pemerintah daerah dan insan pers," ungkapnya.

Dijelaskan, JKN adalah program jaminan kesehatan nasional yang dibentuk oleh Pemerintah Pusat tahun 2014, jadi antara JKN dan BPJS berbeda. JKN merupakan nama programnya, sedangkan BPJS merupakan badan penyelenggara yang ditunjuk sebagai pelaksana program.

"Sedangkan KIS adalah identitasnya peserta JKN, jadi identitas peserta JKN adalah kartu KIS. Kalaupun  di lapangan masih ditemukan kartu yang berbeda seperti kartu BPJS dan kartu Jamkesmas itu nanti akan dirubah menjadi kartu yang sama yaitu KIS,” jelasnya.

Widiani kembali mengingatkan bahwa dengan medaftarkan diri sebagai peserta JKN  melalui BPJS, masyarakat akan diberikan kemudahan untuk hak akses layanan kesehatan dan hal ini  berbeda sekali sebelum adanya BPJS, dimana saat itu yang hanya memiliki hak akses ke rumah sakit hanya PNS, TNI/Polri dan perusahaan yang memiliki Jamsostek.

Dengan mendafkarkan diri sebagai peserta dan menbayar iuran sesuai kelas yang dipilih mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 80 ribu perbulan, maka akan mempermudah semua orang untuk  mendapatkan akses layanan kesehatan di rumah sakit. "Dari Presiden hingga buruh tani jaminannya semua sama yaitu JKN. Mudah-mudahan program ini sukses dan semakin banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," harap perempuan berparas cantik ini.

Acara  yang didesain dalam semi formal ini berlangsung dua sesi yaitu di dalam ruangan dan di luar ruangan. Acara dalam ruangan diisi dengan penjabaran tentang layanan BPJS kesehatan dan penyampaian materi Skill Komunikasi yang disampaikan oleh pimpinan redaksi dan penanggung jawab Radar Tambora Muhammad Saptoto. 

Sedangkan acara di luar ruangan diisi dengan outbound dan permainan yang cukup memberikan hiburan bagi para jurnalis pemburu informasi ini.

*[Son]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger