Panitia Pemekaran Kecamatan Gelar Rapat Konsolidasi

Wednesday 3 June 20150 comments

KM. Portal Himpas -- Wacana pemekaran Kecamatan Monta Dalam yang didengungkan sejumlah elemen sejak tahun 2000 silam nampaknya mulai terwujud. Keseriusan ini ditunjukan panitia dengan melakukan rapat konsolidasi untuk menarik dukungan sejumlah pihak.

Rapat yang digelar di aula Kasabua Ade, Kantor Camat Monta Rabu (27/5) dihadiri oleh berbagai elemen masyarak seperti tokoh agama, tokoh pemuda, kepala desa dan anggota BPD Se-Kecamatan Monta. Dalam pertemuan ini mereka mengingginkan pemekaran Kecamatan Monta Dalam atau yang diberi nama Kecamatan Wisata segera terwujud.

Camat Monta, Drs Ruslan H Musa dalam sambutan singkatnya memberikan apresiasi dan dukungan terhadap upaya yang dilakukan panitia, karena dengan pemekaran kecamatan maka akan semakin mendekatkan simpul pelayanan terhadap masyarakat. “Saya atas nama pribadi dan seluruh unsur pemerintah Kecamatan Monta mendukung 100 porsen langkah panitia pemekaran kecamatan Monta Dalam,” kata camat.

Ketua panitia, Kisman SH yang ditemui wartawan usai acara berlangsung menjelaskan, beberapa hal  yang melatar belakangi politik pemekaran kecamatan antara lain karena pada hakikatnya merupakan hak konstitusi yang telah dibuat dalam berbagai pondasi dan regulasi bahwa pemekaran kecamatan adalah salah satu cara yang bisa mempercepat pencapaian progres pembangunan di suatu daerah.

Kemudian setelah diterjemahkan secara seksama bahwa hakikat otonomi daerah adalah mendekatkan simpul pelayanan terhadap masyarakat. Maka, pada tahun 2000 yang merupakan simbol kebangkitan masyarakat Monta Dalam, sejumlah tokoh pemuda dan tokoh masyarakat mulai menggelorankan pemekaran karena disadari bahawa politik pemekaran merupakan kata kunci untuk mempercepat proses pembangunan di wilayah Monta Dalam.

Kisaman menyebutkan, menjadi syarat pembentukan kecamatan baru itu selain syarat teknis, syarat administratif dan syarat fisik ada yang disebut sebagai komitmen moral bahwa persetujuan camat sebagai pimpinan wilayah di kecamatan induk menjadi jawaban yang sangat penting kemudian ada persetujuan bersama kepala desa dan anggota BPD se-kecamatan monta. “Melalui rapat konsolidasi ini semua pihak yang disebutkan telah memberikan dukungannya melalui berita acara dan surat keputusan bersama yang telah ditanda tangani bersama,” katanya.   

Ditegaskan, melalui berbagai kesempatan dan kunjungan kerja Bupati Bima juga telah menyampaikan dukungannya tentang pemekaran kecamatan. “Melalui kunjungan kerja terakhir di Monta Dalam beberapa waktu yang lalu Bupati Bima telah menyampaikan dukungan lebih dari 100 porsen dan meminta panitia dan unsur lain agar sama-sama mendukung pemerintah daerah untuk meyakinkan DPRD,” tegas Kisman.

Di tempat yang sama Kepala Desa Wilamaci Arsyad SH mengatakan, langkah panitia sangat luar biasa karena ini merupakan kebutuhan masyarakat Monta Dalam dibidang pendekatan pelayanan dan akselerasi percepatan pembangunan. Tinggal bagaimana masyarakat dapat mendorong dan membantu pelaksanaan kegiatan yang dilakukan panitia. 

“Oleh karena itu diharapakan agar pemerintah daerah dan DPRD dapat memberikan respon positif atas upaya yang dilakukan oleh panitia karena ini merupakan kebutuhan masyarakat,” harap Kades. (Son)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger