UPT Pertanian Monta Siap Hadapi Lomba UKPP

Tuesday 5 May 20150 comments

KM. Portal Himpas, - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian Kecamatan Monta terus merampungkan persiapan menghadapi lomba unit kerja pelayanan publik (UKPP). Kegiatan yang diadakan pemerintah pusat melalui kementerian pertanian setiap dua tahun sekali ini adalah dalam rangka memberikan penghargaan Abdi Bhakti Tani kepada UKPP berprestasi.

Kepala UPT Dinas Pertanian Kecamatan Monta Rifaid, S.Pt yang ditemui di ruang kerjanya Senin (4/5) mengatakan, persiapan lomba telah dilakukan sejak satu bulan terakhir, yaitu dengan mempersiapkan sarana dan administasi yang berkaitan dengan indikator penilaian dalam lomba. “Persiapan lomba sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir dengan persiapan yang matang kami yakin akan lebih siap untuk menghadapi penilaian dari dewan juri,” ujarnya.

Dijelaskan, Dinas pertanian merupakan salah satu instansi pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat terutama para petani, jadi pelayanan harus diutamakan dengan memberikan indeks kepuasan masyarakat. Sebagai bentuk komitmen dinas pertanian kecamatan monta untuk memberikan pelayan publik yang baik yaitu dengan membuka layanan melalui Short Mesage Service (SMS).  “Melalui layanan ini kami dapat menerima pengaduan dari masyarakat meski diluar jam dinas kemudian laporan tersebut akan kami tampung dan ditindak lanjuti,” jelasnya.

Kepala  Sub Bagian Ketatalaksanaan Setda Kabupaten Bima Syaikhu, SH. M.Si yang ditemui saat memantau kesiapan lomba menjelaskan, lomba UKPP merupakan kegiatan rutin Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Kabupaten Bima pernah mengikuti kegitan serupa pada tahun 2013  dan meraih juara dua tingkat nasional yang diwakili oleh BP3K Kecamatan Sape. “Mudah-mudahan tahun ini Dinas Pertanian Monta juga dapat meraih prestasi yang sama,” harapnya.


Ditambahkan, kegiatan lomba akan dilaksanakan pada Juni mendatang setidaknya ada sekitar 18 indikator penilaian dan masing-masing indikator memiliki kriteria penialaian yang berbeda seperti Visi Misi, Motto,  Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Maklumat Pelayanan, Sistem, Mekanisme, Prosedur,  Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana Pelayanan, Penanganan Pengaduan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Sistem Informasi Pelayanan, dan Produktifitas dalam pencapaian target pelayanan. “Sementara tim penilai dalam lomba akan turun langsung dari kementerian yang didampingi Dinas Pertanian Provinsi NTB,” tambahnya. (Son)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger