Mahasiswa Tambe, Tuntut Transparansi Biaya Pendidikan

Monday 9 February 20150 comments

KM. Portal Himpas, - Sejumlah mahasiswa dan masyarakat Desa Tambe, Kecamatan Bolo melakukan aksi unjuk rasa menuntut transparansi biaya pendidikan. Aksi yang dilakukan dengan cara berorasi dan konvoi keliling menggunakan mobil pick up ini banyak menarik perhatian para pengguna jalan dan masyarakat di sekitar Jalan Lintas Bolo Sumbawa, Sabtu (7/2).

Dalam orasinya, Cimen kordinator aksi mengatakan bahwa konsep dasar pendidikan dalam idiologi dasar negara indonesia adalah pancasila. Secara filsafat bahwa tujuan pendidikan adalah untuk memanusiakan-manusia, artinya tuntutan bagi negara harus mampu mencerdaskan anak-anak bangsa maka dituangkan dalam UUD 1945. “Bahwa semua rakyat indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak dalam Negara Republik Indonesia,” katanya.

Akan tetapi, sebaliknya yang terjadi di negara ini konsep dasar pendidikan untuk memanusian-manusia tidak lagi dijadikan sebagai landasan karena sebagain oknum telah mengalihkannya dengan sistim komersial pendidikan. Disinilah muncul kekacauan dan ketimpangan dalam dunia pendidikan, akhirnya anak-anak bangsa banyak yang menjadi gelandangan karena pemerintah sudah tidak peduli lagi dengan nasib anak-anak bangsa.


Melalui pernyataan sikapnya para pendemo menyampaikan empat tuntutan kepada Kepala Unit Pelaksanan Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (UPT Dikpora) Kecamatan Bolo antara lain meminta agar memanggil beberapa Oknum Kepala Sekolah yang diduga menyalahgunakan anggaran rehabilitasi ruangan kelas yang bersumber dari dana DAK tahun 2014. Transparansi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) mulai dari tingkat sekolah dasar hingga SMA pada tahun 2013-2014. Transparansi pengunpulan data K2 pada tahun 2013-2014 dan Transparansi anggaran rehabilitasi sekolah se-Kecamatan Bolo dari tahun 2013-2014. (Son)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger