SMAN 1 Monta Terima Mahasiswa PPL

Friday 22 August 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Sebanyak 34 orang mahasiswa dari dua perguruan tinggi ternama di Kota dan Kabupaten Bima, melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Monta. Kegiatan Praktek ini akan dilaksanakan oleh mahasiswa selama kurang lebih dua bulan mulai dari bulan Agustus sampai Oktober 2014.

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Monta Muhamad Yusuf, S.Pd, M.Pd yang biasa di sapa Ustadz Yusuf menjelaskan kepada Kampung Media di ruang kerjanya Kamis (21/08) kemarin. Kehadiran mahasiswa PPL telah diterima oleh pihak sekolah sejak tanggal 18 agustus 2014, dari sekian banyak mahasiswa terdiri dari dua kampus yang berbeda, yaitu 21 orang dari STKIP Kota Bima dengan program studi  Matematika, Ekonomi, Sosiologi, Biologi dan BP/BK sedangkan  13 orang lainnya berasal dari STKIP Taman Siswa (Tamsis) Kab. Bima dengan program studi Sejarah, Matematika dan Penjaskes.

Program praktek lapangan merupakan salah satu kegiatan kurikuler yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa STKIP untuk mencapai gelar sarjana pendidikan. Untuk tahap awal mahsiswa PPL sedang melakukan observasi pelaksanaan program dan pihak sekolah telah menetapkan guru pomang yang akan membimbing dan mendampingi serta memberikan pengalaman kepada mahasiswa selama kegiatan PPL berlangsung.

Melalui kegiatan PPL diharapkan mahasiswa calon guru dapat memperoleh manfaat antara lain memiliki pengalaman mengajar yang riil di kelas, mengetahui tugas-tugas seorang guru dan mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan pengajaran dan persekolahan. Sehingga dengan program PPL dapat membentuk mahasiswa calon guru yang memiliki kompetensi dan profesionalitas yang tinggi dan menjadi guru sejati yang selalu diharapkan dan dirindukan oleh siswanya untuk mengajar.

Selama kegiatan praktek lapangan mahasiswa juga akan dibimbing oleh guru pamong untuk membuat adamistrasi pendidikan seperti Silabus dan RPP. Berhubung ada mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang melaksanakan PPL, maka mahasiswa dari dua perguruan tinggi ini akan kami satukan sesuai dengan jurusannya, “sehingga selama kegiatan PPL mereka dapat bekerjasama dan berbagi pengalaman sesuai dengan ilmu dan pengalaman yang di dapat dari kampus masing-masing,” kata Ustadz Yusuf, yang juga aktif sebagai Dosen pengajar di STKIP Tamsis ini. [Yudiz]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger