Jelang Ramadhan, Harga Sembako Mulai Naik

Friday 13 June 20140 comments

KM. Portal Himpas - Menjelang Bulan Suci Ramadhan, harga sejumlah komoditi Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dibeberapa pasar Kota Bima sudah mulai naik, sebut saja salah satunya adalah bawang merah. Dari harga seminggu yang lalu hanya 10 ribu rupiah perkilogram kini merangkak naik menjadi 15 ribu rupiah perkilonya.

Mirna (22) warga kampung Bara, Kelurahan Paruga mengatakan, harga bawang kian merangkak naik. Meskipun belum diketahui penyebababnya, “biasanya menjelang Bulan ramadhan harga komoditi pasar khususnya sembako dan bawang akan naik,” katanya Senin, (09/06).

Untuk sementara kenaikan harga yang begitu signifikan terjadi pada komoditi bawang merah, karena dari harga Rp. 10 ribu/kg, kemudian merangkak menjadi Rp. 15 ribu/kg, hingga pekan ini, naik menjadi Rp. 20 ribu/kg. Sedangkan untuk harga komoditi lainnya masih stabil yakni Beras Rp. 8 ribu/kg, cabe panjang, cabe keriting dan cabe rawit rata-rata Rp. 20 ribu/kg. sementara gula merah juga masih stabil Rp. 20 ribu/kg. “selain harga bawang merah, komoditi lain masih stabil,” ujarnya.

Hal senada disampaikan pedagang lain, Nurmi (31) warga Kampung Sumbawa, Kelurahan Tanjung mengatakan, harga sembako pekan ini masih stabil. Hanya saja harga bawang merah yang merangkak naik. “Kemungkinan  ini akan terjadi sampai pada H-3 bulan Ramadhan,”katanya. Ia juga mengaggap hal ini sudah menjadi kondisi pangsa pasar yang biasa terjadi setiap tahun menjelang bulan suci ramadha.

Meskipun saat ini banyak keluhan warga, tidak menapiknya untuk memberikan tanggapan. Bahwa memang dari distributor harganya sudah naik. Kami hanya mengambil keuntungan Rp. 2 ribu/kg dari harga dasar. Semoga jelang H-3 kenaikan harga tidak semakin mencekik pasar, “karena kebutuhan bawang untuk bulan ramdhan sangat melonjak drastis termasuk komoditi lainnya kemungkinan akan ikut naik juga,” katanya. [OB]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger