Peran Kampung Media Dalam Penyebaran Informasi di NTB

Wednesday 26 February 20140 comments

KM. Portal Himpas, - Dengan adanya Portal Kampung Media yang berbasis Jurnalisme Warga (Citizen Journalism) yang diprakarsai oleh Pemerintah Propinsi NTB memberikan kesempatan kepada setiap warga untuk menulis dan berbagi informasi kegiatan yang di gelar oleh pemerintah maupun kegiatan sosial kemasyarakatan yang terjadi di wilayah masing-masing.

Melalui Portal Kampung Media  warga dapat mengumpulkan, mengolah, melaporkan dan menyebarluaskan informasi, kejadian atau peristiwa diwilayah masing-masing untuk dipublikasikan dan menjadi informasi bagi warga lain maupun pemerintah. Selain itu Program Kampung Media bertujuan untuk mengubah pola budaya bertutur kebudaya menulis.  

Dalam mendukung Program Pemerintah tersebut Koordinator KM. Portal Himpas, Al Furqan M. Nur dan rekan-rekan dalam setiap kesempatan diskusi dan pertemuan yang digelar oleh warga selalu mensosialisasikan peran Kampung Media dalam penyebaran informasi dan sarana Informasi Publik masyarakat dan mengajak partisipasi warga untuk menulis dan menebar informasi melalui Portal Kampung Media yang telah disediakan dengan cara membuat akun personal maupun akun komunitas.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa Kampung Media mempunyai standar komunitas yang harus dipatuhi oleh setiap warga kampung, untuk itu, setelah warga membuat akun maka warga Kampung Media diberi kebebasan untuk mengemukakan, mengekspresikan, serta menyampaikan berbagai gagasan, pendapat, ulasan, ataupun tanggapan, sepanjang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku di Indonesia.

Dari beberapa penyampaikan yang dilakukan banyak mendapat tanggapan positif dari warga, seperti tanggapan, Aeman S.Pd, yang keseharian juga sebagai guru honorer disekolah dasar, “dari beberapa penyampaian yang ada,  yang menarik perhatian saya disini adalah upaya pemerintah untuk mengubah perilaku masyarakat dari budaya bertutur ke budaya menulis sehingga dapat dijadikan motivasi bagi warga untuk menulis dan berbagi informasi di portal yang disediakan,” kata dia.


Demikian juga dikatakan, Alimudin, “Dengan adanya Jurnalisme Warga yang disediankan di Portal Kampung Media kami dapat menyampaikan pengaduan dan keluh kesah masyarakat kepada pemerintah agar dapat ditindak lanjuti,” kata dia, dan menyampaikan keinginannya untuk bergabung di komunitas KM. Portal Himpas dalam mengemban misi menyampaikan informasi bermanfaat meski hanya satu kalimat. [AW]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger