Gelar Pemilihan Osis, SMAN 1 Monta Gandeng KPU

Monday 3 October 20160 comments

Penyampaian Materi Pemilu Oleh Salah Satu Anggota Komisioner KPU Kabupaten Bima.
Portal Himpas - Sebanyak 30 orang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Monta yang terdiri dari pengurus Osis dan Panitia Pemilihan Osis (PPO) mendapat Bimbingan Tehnik (Bimtek) tetang kepemiluan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima.

Acara yang berlangsung di sekolah setempat, Senin (3/10/2016) cukup antusias diikuti oleh siswa.

Muhammad Waru SH MH anggota komisioner KPU Kabupaten Bima yang menyampaikan materi dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan menyusul adanya surat permintaan pihak sekolah agar KPU Kabupaten Bima menfasilitasi kegiatan Pemilihan Osis (Pemilos) di sekolah tersebut.

Adapun materi awal yang disampaikan antara lain tahap pelaksanaan pemilihan seperti tahap pemilihan umum yang ada di KPU, mulai dari penjaringan pasangan calon, pemutakhiran data pemilih, proses debat pasangan calon dan tata cara pemungutan serta penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari H nanti.

"Berhubung ini adalah pemilihan ketua Osis jadi seluruh unsur panitianya adalah siswa mulai dari PPO hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)," jelasnya.

Devisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kabupaten Bima ini juga menyebutkan bahwa sebelum pelaksanaan debat pasangan calon, panitia dan moderator yang memimpin debat akan diberikan bimtek khusus. "Nanti debatnya akan dilakukan seperti debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima pada pemilu kemarin demikian juga podium yang digunakan," ungkap Waru.

Sementara untuk logistik dalam kegiatan tersebut seperti podium, kotak suara, surat suara dan peralatan TPS lainnya  disiapkan oleh KPU Kabupaten Bima. "Terkait semua peralatan di TPS akan disiapkan oleh KPU. Pihak sekolah hanya menyediakan terop dan tempat saja," tandasnya.

Terkait pendampingan Pemilos di sejumlah sekolah, Waru menjelaskan program ini merupakan program KPU terkait pendidikan politik terhadap pemilih pemula dan tahun ini merupakan tahun pertama pendampingan Pemilos.

Sejak beberapa bulan terakhir sedikitnya sudah ada lima sekolah tingkat SMA/SMK yang didapingi KPU dalam melaksanakan pemilihan ketua Osis, antara lain SMKN 5 Rora, SMA Muhammadiyah Sape, SMAN 1 Bolo, SMAN 1 Sape dan SMAN 3 Sape. "Selanjutnya yang keenam SMAN 1 Monta dan yang masih nengantri sekarang SMAN 2 Woha,"  ujarnya.

Ditambahkan, program pendampingan Pemilos akan terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Bima dan direncanakan pada tahun 2018 semua sekolah SMA/SMK sederajat di Kabupaten Bima akan melaksanakan pemilihan osis secara serentak. "Karena tahun ini tahun pertama jadi kita belum bisa menyentuh semua sekolah, kemungkinan tahun 2017 bisa, sehingga di tahun 2018 dapat dilaksanakan Pemilos serentak," tutupnya.

[Son]

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger