Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pemerataan Guru

Monday 16 February 20150 comments

KM. Portal Himpas, - Dalam rangka meningkat mutu pendidikan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (UPT Dikpora) Kecamatan Langgudu akan melakukan pemetaan dan pemerataan guru. Hal ini menjadi penting dilakukan karena melihat sisi kebutuhan antara guru yang ada di pusat kecamatan dengan daerah terpencil.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (KUPT Dikpora) Kecamatan Langgudu, Drs Hamdiah mengatakan, Penataan dan pemerataan guru menjadi kunci dalam peningkatan mutu pendidikan di kecamatan. Pasalnya kekurangan guru kerap menjadi kendala dunia pendidikan selama ini. Maka untuk mengatasi kekurangan guru, diperlukan langkah-langkah kongkret dengan pemerataan guru.

Dengan melihat sisi kebutuhan maka guru-guru yang lolos Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kategori Dua (K2) kemarin, walaupun dalam penempatannya mereka masih mengabdi disekolah asal namun dengan melihat sisi kebutuhan maka akan di usulkan ke sekolah-sekolah yang masih kekurangan guru. Ketika kemarin sekolah di kecamatan menumpuk guru-guru PNS sementara di sekolah daerah terpencil kekurangan guru, maka guru-guru baru tersebut akan diusulkan ke sekolah yang masih kekurangan guru.

 “Hal ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan mutu pendidikan. Artinya bukan saja di pusat kecamatan yang mutu pendidikannya harus mencapai sekian prosentasenya, akan tetapi di daerah terpencil juga harus sama,” urainya, Selasa (10/2).

Dijelaskan, sesungguhnya yang melatar belakangi kurangnya mutu pendidikan di daerah terpencil selama ini adalah karena kekurangan guru.  “Oleh karena itu yang menjadi kunci dalam peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Langgudu adalah dengan melakukan pemetaan dan pemerataan guru antara yang ada di pusat kecamatan dengan yang berada di daerah terpencil,” jelasnya.

Kepala UPT Dikpora yang baru dilantik pada tanggal 6 Pebruari 2015 ini Optimis bahwa dengan cara pemetaan dan pemerataan guru maka mutu pendidikan dapat di tingkatkan. “Dengan cara menempatkan guru PNS di sekolah yang kekurang guru, maka mutu pendidikan di Kecamatan Langgudu bisa ditingkatkan dan merata,” ungkapnya Optimis. (PJM)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMPUNG MEDIA PORTAL HIMPAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger